Jumat, Agustus 15, 2008

Pedessss.....

Bagi banyak orang di Indonesia, sambal tidak pernah absen di meja makan kita. Karena sambal bisa menambah selera makan. Tentunya ini hanya berlaku bagi penyuka rasa pedas.

Variasi sambal banyak sekali, tapi saya hanya bisa membuat dua macam variasi saja, yaitu sambal mentah dan sambal matang, hehehe…minimalis sekali ya. Tapi yang paling penting adalah rasanya cocok di lidah saya dan terutama swami.

Setelah berpuluh kali bereksperimen, akhirnya saya menemukan komposisi bahan sambal yang pas dengan selera kami. Bahannya sedarhana saja, terdiri dari :

# Cabe rawit 5 bh

# Cabe Merah 1 bh

# Terasi ½ sdt

# Garam ¼ sdt

# Gula 1/8 sdt

# Sedikit minyak jelantah (minyak yang telah dipakai untuk menggoreng)

Semua bahan kecuali minyak jelantah, di ulek jadi satu. Setelah cukup halus, baru kemudian tambahkan minyak jelantah untuk menambah kelezatan sambal.

Kalau sambal matang, cabe rawit, cabe merah dan terasi di goreng terlebih dahulu sebelum di ulek. Hanya itu saja yang membedakannya dengan sambal mentah, sekali lagi ini adalah sambal ala saya.

Kalau dari segi rasa sebenarnya sambal mentah lebih mantap, tetapi kita harus selalu membuatnya sebelum makan, karena sambalnya tidak akan tahan lama. Untuk alas an kepraktisan (kata lain dari malas J), saya lebih sering membuat sambal matang.

Walaupun banyak orang menyukai sambal, tetapi selera setiap orang pasti berbeda. Namun kalau anda selama ini belum menemukan sambal yang cocok dengan lidah Anda, ‘monggo’dicoba resep sambal saya.


3 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Dessy Wulan mengatakan...

Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya.
Saya sudah login di www.infogue.com, nanti kalau ada artikel yang sesuai akan saya publish ke sana.

LadyElen mengatakan...

hohah... hohah... *kepedesen*